ROCK

ROCK


Pdt. Drs. Ronny Daud Simeon,M.Th., MPM - Kingdom Values in Family

March 08, 2014

Kingdom Values in Family


Pdt. Drs. Ronny Daud Simeon,MTh.,MPM









Kejadian 1:28


Huruf pertama dalam Perjanjian Lama, bahasa Ibrani adalah “Beth“, artinya rumah, ada fondasi, tiang, dinding, atap. Tidak kebetulan Alkitab menulis huruf pertama itu rumah. Segala sesuatu harus dimulai dari rumah kita. Menikah seperti “PR”, kesuksesan sejati seseorang dimulai dari rumah. Alkitab dalam Perjanjian Baru adalah bahasa Yunani, dalam Yohanes 1:1, pada mulanya adalah Firman. Mulailah segala sesuatu dalam kehidupan kita dengan Tuhan dan Firman Tuhan.


Kita jangan hanya minta kejutan yang menyenangkan, tapi kita menjadi kejutan yang meyenangkan bagi orang lain. Tujuan pernikahan Tuhan yang buat, dan pernikahan merupakan lembaga tertua didunia. Pernikahan ada sebelum gereja dan pemerintahan. Keluarga sehat komunitas sehat, komunitas sehat gereja sehat, gereja sehat pemerintah sehat, pemerintah sehat bangsa sehat.


Tuhan berkata : Have dominion, berkuasa. Tujuan menikah bukan hanya sekadar bahagia, itu adalah tujuan umum. Bahagia dalam kamus bahasa Indonesia adalah kalau semua kebutuhan kita terpenuhi. Tuhan membangun rumah tangga kita melampaui sekedar bahagia. Tuhan mau rumah tangga jadi perwakilan kerajaan Surga. Tapi banyak keluarga yang bilang keluarganya seperti di neraka. Surga tidak jauh dari hidupmu,(Matius 5:48). Harus ada nilai  kerajaan dalam keluarga kita. Surga sedang melakukan Kingdom colonization, caranya adalah lewat keluarga. Tuhan mau keluarga kita mengekspresikan Surga dimuka bumi.


Nilai-nilai dalam keluarga. Arti dari nilai: 1. Nilai adalah sifat-sifat yang berguna atau penting bagi kemanusiaan. Orang tidak berguna karena tidak mempunyai nilai. 2. Nilai adalah sesuatu yang menyempurnakan manusia sesuai hakekatnya. Etika dan nilai berhubungan erat. Sebuah nilai itu muncul dari dalam pikiran dan hati seseorang. Kata philosophy terdiri dari kata dari phylo dan sophia, untuk mengasihi dan hikmat dalam bahasa lain, to love and to think. Sesuatu yang kita cintai terus menerus sampai kita pikirkan terus menerus. Philosophy adalah sistem keyakinan, dari sini muncul nilai, dari nilai muncul moral, dari moral muncul etika, dari etika menghasilkan karakter. Bisnis dan keluarga akan dikendalikan oleh karakter kita. Kharisma bawa kita naik, tapi karakter yang menjaga kita bisa tetap diatas. Etika dan karakter berhubungan erat.








Nilai dari R.O.C.K International Ministry adalah LIGHT (Love, Integrity, Generosity, Humility, Truth):


- Love (Efesus 5:33). Yang dibutuhkan istri adalah cinta, yang dibutuhkan suami adalah untuk  dihormati. Praktekkan 5 bahasa kasih untuk pasangan/anak-anak kita:1. Kata-kata yang meneguhkan,2. Sentuhan/pelukan, 3. Waktu yang berkualitas, 4. Melayani/menolong pasangan/anak, 5. Memberikan hadiah( you can give without love, you can not love without giving).


- Integritas (Maleakhi 2:15). Keturunan Ilahi, yakinkan anak anda adalah anak rohanimu juga. Keturunan Ilahi lahir dari orang tua yang takut Tuhan. Kejadian 2:28, telanjang itu keterbukaan, tidak ada yang disembunyikan. Anak kita sedang meniru kita. Beri nilai dengan menjadi teladan. Nilai itu penting dalam kepemimpinan, kita akan jadi seperti nilai-nilai yang kita percaya.


- Generosity (Amsal 19:17;Matius 5:7). Miliki kemurahan hati dengan siap memberi, menabur dimanapun kita melihat kebutuhan orang disekitar kita.


- Humility (Efesus 5:21). Istri tunduk karena cinta. Pasangan suami istri harus punya kerendahan hati untuk saling menerima satu dengan yang lain, saling mengakui kesalahan. Your body will follow your commitment. Kalau mau rendah hati masalah tidak akan berlarut, jangan saling menyalahkan, miliki keterbukaan dan komunikasi yang baik dengan pasangan dan anak-anak.


- Truth (Amsal 24:3,4). Kamar hatimu, pikiranmu, bisnis, kamar apapun yang sedang dibangun dalam hidup kita, biar kebenaran Kristus yang muncul.


Jadilah kejutan yang menyenangkan bagi sesama kita, dimulai dari rumah kita, tetangga, keluarga, komunitas, gereja, dimanapun Tuhan menempatkan kita. Menjadi terang Kristus, mempermuliakan Bapa di Surga dan menyatakan Kerajaan-Nya dimuka bumi ini.(MUR)









Download PDF Format